Bahaya Penyakit Anoreksia

Hati-hati! Penyakit anoreksia dapat mengintai kapan saja !
Kenali bahaya dan cara untuk mengatasinya di bawah ini :

Bahaya Penyakit Anoreksia

Anorexia merupakan gangguan makan di mana seseorang terobsesi untuk menurunkan berat badan dan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, tanpa memperhatikan asupan gizi yang masuk kedalam tubuhnya. Anoreksia bisa dikatakan sebagai aksi diet yang berlebihan. Untuk seorang pria atau wanita yang mengalami kondisi anoreksia, pengakuan diri sering berpusat pada kemampuan untuk mencapai tujuan ketipisan atau mempertahankan kontrol atas tubuh dan nafsu makan.

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan emosional jangka panjang. Jika tidak diobati, mereka bisa berakibat fatal.

Gangguan makan (anoreksia) ini memiliki angka kematian tertinggi dari gangguan mental apapun, karena tidak bisa makan sehingga menyebabkan depresi, karena merasa terjebak dan tidak tahu bagaimana untuk keluar dari situasi ini, agar berat badannya naik lagi. Gangguan ini dapat menyebabkan sejumlah konsekuensi fisik yang serius juga. Pasien penderita anoreksia, memiliki beberapa resiko kesehatan lainnya seperti di bawah ini :

  1. Memicu Penyakit jantung. Denyut jantung yang lambat dan tekanan darah dapat menempatkan seseorang pada untuk terkena penyakit serangan jantung. “Serangan jantung merupakan efek dari dehidrasi, dan ini bisa terjadi dari hari pertama Anda melakukan perilaku gangguan makan,” kata Rago. Dehidrasi juga bisa menyebabkan gagal ginjal, yang juga dapat mengancam jiwa.
  2. Keropos tulang. Jika tulang kehilangan kepadatan, maka akan menjadikannya kering dan rapuh, dan mudah patah. Osteoporosis, penyakit yang ditandai dengan penipisan tulang, merupakan salah satu risiko yang paling parah.
  3. Kelemahan otot. Otot kehilangan kekuatan dan menjadi lemah, membuat tugas-tugas sederhana seperti sulit ketika berjalan
  4. Rambut dan masalah kulit. Rambut rontok dan kulit menjadi kering. Sebuah kondisi yang dikenal sebagai lanugo dapat berkembang – sebagai mekanisme perlindungan untuk membantu menjaga hangat selama periode kelaparan dan kekurangan gizi, tubuh memproduksi lapisan berbulu halus rambut seluruh, termasuk wajah.

Adakah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini ? Baca jawabannya di bawah ini :

Anda dapat mengatasi anoreksia dengan bantuan tim medis, yang mencakup kesehatan mental profesional (seperti psikolog atau konselor berlisensi), kesehatan medis profesional (seperti dokter atau perawat), dan ahli diet terdaftar. Berikut daftar perawatan yang harus anda jalani :

  • Perawatan medis. Jika kekurangan gizi atau kelaparan telah mulai memecah tubuh Anda, perawatan medis akan menjadi prioritas utama. Dokter Anda akan memperlakukan kondisi medis yang disebabkan oleh anoreksia, seperti osteoporosis, jantung masalah, atau depresi. Ketika Anda mulai mendapatkan lebih baik, dokter akan terus mengikuti kesehatan dan berat badan.
  • Konseling gizi. Seorang ahli diet terdaftar akan membantu Anda mengambil alih berat badan Anda dengan cara yang sehat. Anda akan belajar makan sehat pola dan mendapatkan pemahaman yang baik tentang nutrisi.
  • Terapi. Berbicara dengan seorang psikolog atau profesional kesehatan mental akan membantu Anda mengatasi alasan emosional balik anoreksia. Sebagai contoh, Anda dapat mendiskusikan tekanan hidup, keyakinan tidak membantu tentang makanan dan berat badan, atau ciri-ciri kepribadian tertentu yang mungkin, di bagian, menyebabkan anoreksia.

Begitulah seputar anoreksia yang bisa kami jelaskan, klik like, comment,  sebar dan bagikan kepada orang-orang terdekat anda mengenai penyakit ini. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat 🙂

post by : http://penambahnafsumakan.web.id