Bahaya virus toksoplasma bagi ibu hamil

Anda Sedang Hamil Dan Senang Bermain Dengan Kucing?
AWAS! Virus Toksoplasma Mengintai Anda!

Bahaya virus toksoplasma bagi ibu hamil

Bahaya virus toksoplasma bagi ibu hamil -, Jika anda wanita pecinta kucing dan sedang hamil, tampaknya anda harus berhati-hati akan keberadaan virus toksoplasma disekeliling anda.  Apa itu toksoplasma? Toksoplasma merupakan jenis parasit yang sering ditemukan dalam daging, kotoran kucing, tanah dimana kucing buang air besar dan susu yang tidak dipasteurisasi. Perlu diketahui, serangan parasit ini hanya dapat menginfeksi manusia dan juga kucing kesayangan anda. Menurut sebuah penelitian, para ahli mengungkap ada beberapa kondisi mengapa parasit ini bisa menular kedalam tubuh anda, diantaranya meliputi :

  • Mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang
  • Sayuran atau buah yang tidak dicuci dengan benar
  • Transmisi organisme  dari materi yang terinfeksi memasuki cairan tubuh manusia, misalnya terkena percikan ke mata atau luka terbuka

Tak hanya ibu hamil saja yang rentan terkena virus toksoplasma, semua orang disegala usiapun dapat terinfeksi oleh virus yang satu ini. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips efektif untuk bantu menghindari infeksi virus selama kehamilan ialah dengan cara :

  • Hanya konsumsi daging yang sudah dimasak dengan matang
  • Mencuci peralatan masak dengan bersih setelah memasak daging
  • Cuci semua buah dan sayuran dengan bersih sebelum memasak atau memakannya, untuk menghilangkan sisa-sisa tanah yang menempel, khawatir ada bekas tanah yang menjadi tempat BAB nya kucing
  • Jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi
  • Pakailah sarung tangan jika anda ingin berkebun dan cuci bersih kembali setelah itu
  • Untuk lebih berhati-hati lagi, jika anda memiliki kucing sebaiknya menyerahkan semua perawatan kucing pada orang lain

Bahaya Virus Toksoplasma Bagi Ibu Hamil

Pada kebanyakan kasus, orang yang baru saja terinfeksi virus toksoplasma tidak memiliki gejala apapun. Namun sering waktu, mereka mengembangkan gejala lain yang mirip dengan flu, demam dan pembengkakan di area kelenjar getah bening. Virus toksoplasma dapat berubah menjadi lebih ganas apabila menyerang bayi, seseorang dengan HIV/AIDS dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Begitu juga dengan ibu hamil yang terinfeksi virus toksoplasma yang satu ini.

Bahaya virus toksoplasma bagi ibu hamilBagi wanita yang tidak kebal terhadap serangan virus toksoplasma yang masuk kedalam tubuh, paparan parasit ini dapat menyebabkan janin anda terinfeksi. Menurut sebuah organisasi layanan informasi teratology (OTIS), jika ibu yang terinfeksi memiliki usia kandungan sekitar 10-24 minggu, maka dapat menyebabkan resiko bayi lahir prematur, berat badan rendah, demam, terkena penyakit kuning, kelainan retina, keterbelakangan mental, kejang dan klasifikasi otak. Namun apabila sudah memasuki trimester 3, maka dapat meningkatkan resiko janin lahir cacat dan perkembangan yang terganggu. Bayi yang belum lahir dan sudah tertular virus toksoplasma dapat dikatakan memiliki toksoplasmosis kongenital. Tingkat kerusakan yang akan didalami oleh bayinya sendiri sangat bergantung pada tingkat keparahan infeksi yang dimiliki saat hamil.

Untuk mengetahui apakah wanita hamil terinfeksi virus toksoplasma atau tidak, hal ini dapat diketahui setelah ibu melakukan tes darah. Jika tes menunjukan bahwa anda positif terinfeksi, maka dokter akan membuat rekomendasi tentang tindakan lebih lanjut yang mungkin diperlukan, untuk menghilangkan infeksi dan biasanya memerlukan waktu sampai beberapa minggu untuk hilang dari janin anda. Tingkat risiko dan tingkat keparahan kerusakan akibat virus ini, sangat bergantung pada saat Anda terinfeksi.

Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan salam sehat 🙂